Pages

Ahlan wa Sahlan

Bismillah..
ku mencoba berbagi sedikit ilmu
Semoga bermanfaat...
terima kasih atas kunjungannya

Search This Blog

Sunday, February 21, 2010

Menjaga Ginjal agar tetap sehat


Menurut dr Eric Tapan Sp.PD, MHA, penyakit ginjal tidak terdeteksi, tiba-tiba ketika seseorang mengidap penyakit tersebut dan mengalami gejalanya maka berada pada tingkat pertengahan hingga kronis. Artinya, penyakit pada ginjal tidak ada gejala pastinya. Namun jika sudah mulai merasakan sakit di bagian tubuh kita itu, artinya kerusakan yang terjadi sudah lebih dari 50%. Sehingga kita harus sangat berhati-hati menjaga kesehatan ginjal kita.

Fungsi ginjal sangat vital bertugas menyaring dan mengeluarkan racun maupun kelebihan mineral dari dalam tubuh melalui urin. Ginjal juga berfungsi mengatur tekanan darah. Sehingga gangguan pada ginjal dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

Fungsi ginjal lainnya dapat mengeluarkan hormon untuk menunjang pembentukan sel darah merah dan menetralkan sifat asam makanan yang dikonsumsi manusia. Bila ginjal terganggu, maka fungsi seluruh organ tubuh akan terganggu.

Supaya ginjal tetap sehat, maka idealnya setiap orang minum air putih dua liter per hari, olahraga teratur, dan jangan merokok.

2 comments:

  1. trims atas artilkelnya. kalau boleh tanya nih.....
    bila ada gejala mual terutama bila udara terasa dingin,dan mencium bau yang menyengat, bila sikat gigi pada pagi hari, apakah itu termasuk gejala gangguan ginjal ? mohon jelaskan dan bagaimana solusinya?
    Trims.ssssssss

    ReplyDelete