Pages

Ahlan wa Sahlan

Bismillah..
ku mencoba berbagi sedikit ilmu
Semoga bermanfaat...
terima kasih atas kunjungannya

Search This Blog

Tuesday, August 10, 2010

be asertif

Kamu bukan salah satu orang yang jika ada masalah trus pergi dari komunitas kan? kalo iya sayang sekali.. aku harus bilang ‘kamu belum dewasa’ how pity you are… Duniamu pasti semakin sempit.. zona nyaman kamu semakin sempit juga kan..
Kita hidup bukan mencari kenyamanan. kenyamanan itu bukan dicari tapi diciptakan.. meski suasana nyaman itu sebenarnya ada dalam hati kita.. bukan lingkungan yang menyamankan kita.
Hidup, selain untuk mensholihkan diri kita juga harus mensholihkan orang lain dengan dakwah.. kepada siapapun di sekitar kita.. maka dari itu kita butuh banget keterampilan hidup bersama orang lain yang beragam karakternya… karena orang yang kita temui belum semuanya sholih.. ada yang masih banyak PR dengan dirinya.. kalo ada sedikit masalah sama orang seperti itu terus kita kabur.. masalah gak selese.. bikin dunia semakin terasa sempit.. lebih-lebih mau dakwahin dia? mana bisa… citra diri kita di mata orang itu dah hancur duluan.
Asertif.. I’m OK you’re OK..
Perilaku asertif adalah perilaku seseorang dalam hubungan antar pribadi yang menyangkut, emosi, perasaan, pikiran serta keinginan dan kebutuhan secara terbuka, tegas dan jujur tanpa perasaan cemas atau tegang terhadap orang lain, tanpa merugikan diri sendiri dan orang lain.
Begitu seharusnya kita berperilaku kepada semua orang.. keterampilan hidup yang satu ini mungkin mudah sekali teorinya tapi sulit dipraktekan.. bahkan beberapa kali penulis menjumpai komunitas, sedikit sekali orang yang bisa asertif. yang banyak pasif, agresif atau pasif agresif (di depan ngalah di belakang marah).
Kalo bermasalah dengan orang.. walaupun kita menganggap sudah beres tapi kalo kita ketemu orangnya kok belum plong..artinya kita masih bermasalah dengan orang itu. so mulai belajar asertif yukz..
(Mba hasni, makasih bnyk ya.. love you coz Allah ta’ala)

No comments:

Post a Comment