Pages

Ahlan wa Sahlan

Bismillah..
ku mencoba berbagi sedikit ilmu
Semoga bermanfaat...
terima kasih atas kunjungannya

Search This Blog

Tuesday, August 10, 2010

biar firstday g bkn mkn BT

ini umum banget kok.. ga hanya buat cewe’.. lagian yang cowo’ juga mungkin punya saudara cewe, ntar istrinya juga cewe’ atau mungkin juga bakalan punya anak cewe’..
hay girl.. kamu pasti sering banget denger istilah dysmenorrhea atau PMS (Pre Menstrual Syndrome) kan..atau bisa jadi kamu satu diantara korbannya..
kenalan lebih dalem yukz..
dysmenorrhea adalah ketegangan yang terus menerus pada bagian bawah perut dan disertai beragam gejala. Ternyata dibagi jadi dua loo..primer ma sekunder
yang primer  jika tidak berkaitan dengan kandungan, karena kontraksi otot polos rahim yang dipicu prostaglandin F2 atau faktor psikologis
sekunder  jika berkaitan dengan kelainan kandungan, misal karena salpingitis kronis, endometriosis, dll
emang saat-saat itu gak hanya emosi kita yang labil tapi juga badan kita ikutan manja.. Nyerinya seringkali mengganggu aktivitas. bahkan ada sobat yang sampe pingsan karenanya… kalo itu musti cek ke dokter coz bisa jadi ada masalah serius. kalo nyeri menyerang, jangan buru-buru minum obat pengurang rasa sakit karena beberapa hal bisa kamu lakukan untuk mengurangi rasa sakit saat haid.
olahraga
Berolahraga ringan seperti berjalan bisa membantu kamu mengurangi nyeri haid. Saat tengah haid, otot perut akan berkontraksi. Otot perut yang tegang akan menimbulkan rasa nyeri. Olahraga ringan seperti berjalan akan membuat otot di sekitar perut menjadi lebih rileks sehingga mengurangi rasa sakitnya.

Kompres Air Hangat
Otot sekitar perut yang tegang juga bisa dibuat lebih santai dengan kompres air hangat. Berendam di air hangat juga bisa menjadi cara mengurangi nyeri haid. kalo pengin lebih nyaman, botol beling berisi air hangat juga bisa dipake buat ngurangin nyeri.

Tidur
Beristirahat juga bisa menjadi jalan keluar mengatasi nyeri haid. Saat tidur, tubuh meningkatkan produksi endorfin, yaitu penghilang rasa sakit alami tubuh.

Pengalihan Rasa Sakit
Bersantai dengan menonton film yang lucu atau membaca novel akan membuat pikiran kamu rileks serta teralih dari rasa sakit yang sedang diderita.
Kalo masih gak sembuh juga.. jalan terakhir kamu musti minum obat antalgin atau asam mefenamat. oh iya lupa.. kebutuhan kita akan air saat haid lebih banyak dari biasanya so… musti dipenuhin tuh..
buat kamu yang punya anemia… musti makan-makanan yang banyak zat besinya.. kalo yang hobi masak, bisa juga bikin bubur kacang ijo.. dah enak lumayan juga buat ngurangin pusing karena anemia.

No comments:

Post a Comment