Pages

Ahlan wa Sahlan

Bismillah..
ku mencoba berbagi sedikit ilmu
Semoga bermanfaat...
terima kasih atas kunjungannya

Search This Blog

Tuesday, September 28, 2010

Apa Kata Mereka Tentang Sholih...?

kalo akhowat ditanya pengin suami yang kaya apa… jawabnya gak jauh-jauh.. “yang penting sholih pak..” terus kalo ditanya lagi .. lhaa sholih tu yang kayak apa? baru dia mikir “yang kayak apa yaa..jadi bingung?” ada yang bisa bantu aku.. sholih tu yang kayak apa..? bukan orang yang namanya sholih loo… ntar da yang ngasih fotonya ustadz sholihun lagi… meskipun menurutku dulu yang sholih emang yang seperti ustadz sholihun.. (gak pada kenal ya.. tu loo bapaknya anak UNY).
emang SHOLIH masih luas banget ya… padahal kalo kita tanya ke orang-orang jawabnya gitu-gitu aja.. simak hasil survey ku yukz..
omku said… “sholih ya yang pinter ngajinya.. pinter basa arab.. bisa baca kitab.. rajin ke mesjid.. nurut ma orang tua..sopan..”
ayah bilangnya..” sholih ya yang kayak mas ………., (ga usah disebutin ya.. ntar da yang GR).. baik ma semua orang.. ngajinya di pondok..rajin ke mesjid.. dah jadi ustadz, ngajar ngaji di pondok.. ramah..sopan.. ganteng lagi.. “ maklum aja.. ayah ngefans banget ma beliau..yang kemana-mana pake sarung ma peci… jadi yang dijadiin contoh beliau deh..
giliran bunda angkat suara.. “sing penting yang dah kerja..bertanggungjawab dan sayang ma keluarga.. ” jangan bilang matre ya… tapi beliau realistis kok..
ustadz muhammad thalib menuliskan dalam bukunya ensiklopedia keluarga sakinah II, laki-laki yang sholih itu adalah muslim yang taat beragama dan berbudi, konsisten menjauhi kemaksiatan, memiliki semangat jihad yang kuat, berasal dari keluarga shaleh, taat pada orangtua, mandiri secara ekonomi, baik pemahaman agamanya, memiliki jiwa kepemimpinan, bertanggungjawab, adil, lembut, dermawan, subur dan senang berketurunan..
mungkin banyak kriteria yang mereka katakan tak terlihat mata ya… menurutku sholih itu yang baik agamanya. kebaikan agama seseorang bukan dilihat dari berapa banyak hafalannya, berapa banyak binaannya, berapa banyak buku atau kitab yang telah dibacanya tapi terlihat dari akhlaqnya..pengin tau orang itu sholih apa nggak, cek aja ke orang-orang terdekatnya.. tanyakan bagaimana akhlaqnya.
kalo ustadz syatori abdurrouf menyingkat definisi sholih dengan “bukan ahlul hawa.. “ singkat, padat, n jelas… ga hanya sholih… sholihah juga gitu.. yuk ikhtiarkan diri kita agar tidak ittiba’ul hawa (mengikuti hawa nafsu) dalam segala hal..

No comments:

Post a Comment