Pages

Ahlan wa Sahlan

Bismillah..
ku mencoba berbagi sedikit ilmu
Semoga bermanfaat...
terima kasih atas kunjungannya

Search This Blog

Friday, May 28, 2010

Dua sejoli (Rasa n Akal)

pernah ngebayangin ga ngasuh anak 3 tahunan yang hiperaktif?? ih capek bgd deh… lari sana-sini. dikejar ke halaman eh taunya ada bunyi piring pecah di dapur, ternyata bener tu anak yang jatuhin.. lari lagi ke belakang, dah kagak ada lagi.. huft kebayang kan capeknya…
nyadar ga?? ternyata hati kita yang muara perasaan itu, juga kagak jauh beda ma anak kecil hiperaktif itu.. kadang suka lain waktu jadi sebel,dulu ngomel2 kalo liat temen ngelakuin sesuatu eh suatu saat malah kita yang ngelakuin hal itu. kadang sedih kadang seneng.. gembira sampai tertawa lepas.. lain kali menangis hingga bercucuran air mata. makanya dinamai Qolb karena memang mudah berbolak-balik.
karakter hati, software diri kita yang satu ini memang sifatnya selalu menerima. kalau lingkungan luar menyedihkan kita, hati kita akan merasa sedih, kalau lingkungan luar menyenangkan kita, hati kita juga akan senang. payahnya kalau lingkungan luar bikin kita sebel, kita bisa jadi langsung marah. lebih-lebih diprovokasi sama nafsu.
Eit.. tenang dulu.. karena sayangnya Allah ta’ala ma kita, Dia juga mengaruniakan akal pada kita. fungsi akal kita jadi penimbang. dia akan berpikir.. agar tidak semuanya diterima oleh hati. jadi kalau akal berfungsi insyaAllah deh perasaan kita bisa tenang karena dituntun ma akal.
masih berfungsi kan akalnya..?? Agar akal bisa berfungsi dengan baik dia juga butuh charge yaitu ilmu. So jangan males menghadiri majelis-majelis ilmu yang akan menghidupkan akal dan hati kita..

No comments:

Post a Comment