Pages

Ahlan wa Sahlan

Bismillah..
ku mencoba berbagi sedikit ilmu
Semoga bermanfaat...
terima kasih atas kunjungannya

Search This Blog

Friday, May 28, 2010

Nyamannya Tempat Kita

Suatu sore, empat bersaudara Tsaqiif, Hilmi, Zakiyy dan ‘Aqiilah sedang ngumpul di depan rumah di samping kolam.. Waktu sore seperti itu mereka sudah terbiasa bermain bersama. Bunda sedang menyiapkan makan malam di dapur. Si Ayah masih belum pulang dari ngajar di pondok pesantren di desa sebrang, jelang maghrib baru beliau punlag. Tsaqiif si sulung memulai pembicaraan.
Tsaqiif : “ de’ liatin..Ikan akan berenang dengan tenang jika di tempat yang semestinya.. kolam, danau, aquarium..poko’e yang banyak airnya. kalau kita ambil trus kita taruh di piring.. apa yang akan terjadi??”
Hilmi n Zakiyy : “ ikan jadi gak tenang lagi dong mas.. “
Tsaqiif : “ yups bener banged de’ dia akan menggelepar-gelepar. trus kalo kita taruh di stoples yang ada airnya dikit.. ternyata si ikan juga belum bisa tenang. Selametin ya..taruh di kolam lagi. OK!!”
‘Aqiilah : “Hey ngapain si.. mas kok mainan ikan..? kan kasian..ntar tak bilangin ayah ma bunda loo..”
Hilmi : “ dede nii sukanya ngadu..”
Tsaqiif : “ sst.. ga boleh ribut gitu ah.. mas hilmi, katanya sayang ma dede?. (semuanya damai kembali)
dengerin nii, mas Tsaqiif mau cerita.. (seraya mengangkat ‘aqiilah ke pangkuannya). Perasaan kita juga kayak ikan tadi.. cuma tenang kalo ditempatnya..”
Zakiyy : “trus tempatnya perasaan harusnya dimana..? masa di kolam?”
Tsaqiif : “pertanyaan yang cerdas mas Zakiyy.., tempat perasaan kita yang semestinya itu ada di tempat yang disana kita bisa merasa dekat sama Allah.”
Hilmi : “contohnya di masjid ya mas..?”
‘Aqiilah : “dede merasa disayang Allah kalo dipeluk bunda mas”
Tsaqiif : “di masjid bisa.. di pelukan bunda atau ayah juga bisa.. yang penting di manapun kita berada kita harus selalu inget sama Allah. Mulai sekarang, kita juga harus jadikan rumah kita tempat yang nyaman buat kita semua.. Ga ada yang bertengkar di rumah, Ga ada yang bikin dede’ nangis..harus nurut sama Ayah sama bunda..jadinya kita semua saling sayang, kita bisa saling ngingetin biar selalu dekat sama Allah.. mau janji?”
Hilmi, Zakiyy, ‘Aqiilah : “mau mas..”
Tsaqiif : “insyaAllah… yuk sekarang siap-siap ke masjid.. bentar lagi ayah pulang, kita ke masjid sama-sama ya”

No comments:

Post a Comment