Pages

Ahlan wa Sahlan

Bismillah..
ku mencoba berbagi sedikit ilmu
Semoga bermanfaat...
terima kasih atas kunjungannya

Search This Blog

Friday, April 2, 2010

Aku Bangun, dan Ternyata Aku Dah Tua

Tiap kali mudik, aku selalu berazam untuk memberikan kejutan kesan terindah buat keluargaku.. selentingan kecil tapi menggugah.. dan biasanya terbukti pada mudik episode berikutnya. yang aneh…mudik pekan lalu aku yang dibanjiri selentingan-selentingan itu, hampir tiap hari. Ga hanya dari keluarga intiku, tapi juga dari orang-orang di sekitarku.
Malam pertama aku di rumah, ayahku dah langsung nanyain skripsi. Malam berikutnya om datang ngajak ayah rencananya mau ke salah satu pesantren di Jawa Timur. Nanyain deh ke aku tentang proyeksi kerja aku sama nyentil soal nikah. Paginya bunda ngajak aku ke tempat temannya. Ibu itu nanyain banyak hal tentang kuliah aku dari awal sampai sekarang, karena beliaupun ingin anaknya kuliah di tempatku. Curhat masalah pembinaan anak.. wah subhanallah dapet banyak ilmu dari beliau. Beliau ga mau ketinggalan, nanyain juga tentang nikah. Canda beliau ke bunda, “Dah pernah di ajak ke rumah belum calon mantunya bu?”. Seperti biasa, aku dan bunda cuma senyum. Belum lagi dengan ibu-ibu sekitar rumah yang lewat atau mampir kalau aku sedang nyapu halaman. Selalu ada pertanyaan-pertanyaan klasik yang muncul setelah aku menyalami dan mencium tangan mereka. Ada-ada aja.. buka blog-nya orang kok ya kebetulan temanya tentang nikah semua. heran…
Hari yang tak tunggu-tunggu akhirnya datang juga. Sepupuku yang tinggal di samping rumah melahirkan. Umurnya masih jauh lebih muda dari aku sih. Sejak sore bude’ dan yang lainnya dah mondar-mandir nyiapin sambutan buat dede’ bayi. Malamnya pkl 21.05, pecahlah tangisan hamba Allah yang baru merasakan hawa dunia, perempuan kecil dengan berat 3.7 kg dan panjang 50 cm. Aku menyaksikan bagaimana dia diperdengarkan adzan..subhanallah aku sampai merinding, kemudian ia dimandikan, dan didandanin sampai cantik. Tak kuasa menahan haru, aku langsung mencium dan memeluk bunda yang ada di sampingku waktu itu. Selentingan berikutnya, bunda bilang.. “Kapan bunda dapet cucu dari yayu (panggilan aku di rumah)? masa dari keponakan terus”… jreng..jreng. haaaa…
Subhanallah selentingan-selentingan itu membangunkanku dari tidurku.. iya ternyata aku dah setua ini… langsung kebayang deh semuanya…Ya Allah PR-ku masih banyak… dengan diriku yang belum juga keren, keluargaku yang belum bisa jadi muharik di masyarakat, ade’-ade’ di kampus yang masih juga harus ditatih. Mana mungkin aku ninggalin semuanya..
Akhirnya aku hanya bisa berusaha seoptimal mungkin menggunakan amanah waktu yang diberikan Allahu ta’ala saat ini dan berdoa agar amanah waktuku tak sia-sia.

2 comments:

  1. Menohok banget tulisannnya. Jadi ngerasa tua.

    ReplyDelete
  2. hehe.. aq berhasil dong..
    sok atuh belajar..gimana seharusnya hidup jadi orang yang sudah tua..

    ini PR diriku...

    ReplyDelete