Pages

Ahlan wa Sahlan

Bismillah..
ku mencoba berbagi sedikit ilmu
Semoga bermanfaat...
terima kasih atas kunjungannya

Search This Blog

Friday, April 2, 2010

Dakwah keluarga…

Keluarga seharusnya adalah target pertama dan utama kita dalam dakwah. seperti yang Rasulullah SAW ajarkan pada kita semua. beliau memulai dakwahnya pada keluarganya, kerabatnya, shahabatnya, semakin luas dan semakin banyak. satu hal yang seharusnya kita anggap aneh jika kita di kampus mobat-mabit beraktivitas di mana-mana.. kelompok binaannya banyak dan keren-keren.. tapi kalo ditilik keluarganya ternyata, masih banyak ‘PR’nya…
Intensitas dan kapasitas perhatian kita pada keluarga kita atau pada dakwah kampus kita.. mana yang lebih besar..?? sudah proporsionalkah?? kalo kita setiap pekan mengecek mutabaah yaumiyah binaan kita, apakah sudah demikian juga kita mengecek mutabaah yaumiyah adek kita sendiri di rumah? kita sampe puzing kalo adek binaan ada yang kena ‘VMJ’ virus merah jahat, sudahkah kita mengecek sms di HP atau diary adek kita,cek kondisi hatinya, klo tiap halaqoh kita dengarkan curhat mereka.. qodloya dan rowa’I mereka.. sudahkah kita membagi telinga kita untuk dengarkan curhat saudara kita,keluh kesah orangtua kita?
Belum terlambat saudaraku…
mulai sekarang!!!
Ada yang bilang cerminan kita berhasil dakwah keluarga saat penyelenggaraan walimah pernikahan kita. Saat itu semua teman kita akan melihat sudah seperti apa keluarga kita. Sebenarnya bukan urusan walimahnya, tapi bagaimana kita mengkomunikasikan idealisme kita dan pendapat kita bisa didengar keluarga kita termasuk keluarga besar kita. Hal itu tentu bukan hal yang mudah kalau kita belum terbiasa dekat dan didengar oleh mereka. Urusan walimah kenapa jadi parameter karena memang akan sangat banyak sekali hal-hal yang harus dikomunikasikan, dari masalah aqidah sampai konsep nikah yang syar’i. Sekali lagi…gak akan bisa kalau dadakan mau nikah, baru dikomunikasikan. So… mulai SEKARANG.
Dakwah keluarga memang banyak sekali tantangannya.. disini yang paling berpengaruh adalah keteladanan dari kita. Bagaimana mungkin kita akan didengar kalo keseharian kita aja kacau… terlebih orangtua kita atau saudara kita yang lebih tua yang mengenal sejarah kita sejak kita kecil. atau adek kita yang masih kecil yang kadang sok ngeyel kalo dinasehatin ‘…ah kakak juga dulu begini dan begitu…’ sabar yaa… niatkan lillah.. biar gak gampang loyo..
Harus rapi administrasinya… kalo syuro di kampus ngurus satu agenda aja pake ribut kesana kemari..ada catatannya rapi, terlebih ini urusan akhirat keluarga kita.. caranya gimana..?
1.sediakan 1 buku khusus untuk catatan dakwah keluarga, biar semangat.. bukunya disampul yang cantik.. kasih nama yang cantik juga example: ‘baiti jannati’ beloved family atau ya usroti.. cari sendiri yang lain giih. kalo yang punya laptop mungkin perlu folder sendiri khusus untuk dakwah keluarga.. tapi jangan lupa securitynya..
2.yang perlu dicatat...
a) evaluasi kondisi masing2 anggota keluarga kita.. apa aja PR mereka, apa aja potensi mereka. datanya dari yang kita tau, yang kita lihat, analisis dari obrolan kita dengan mereka tentang suatu hal, bisa juga dari pandangan orang sekitar tentang mereka.
b) evaluasi juga bagaimana kita di mata mereka.. tanya aja sama mereka kita seperti apa, atau kalo kita berpendapat tentang sesuatu bagaimana respon mereka. perlu buat targetan tentang pencitraan kita. sekaligus dicoba strategi pencapaiannya. plus evaluasinya.
misal. kita masih dicap sulit dihubungi.. strateginya: kita telpon rumah rutin, periodical.. tentunya disesuaikan sama kegiatan orang2 di rumah.. pas waktunya santai.. HP kita standby biar klo ada telpon dari rumah langsung tau.. tiap terima telpon,nadanya ceria…n lembut.
c) PR mereka apa aja… siapkan berbagai treatment yang dibutuhin sampai perangkat yang dibutuhin.
misal. ade punya temen cowo’ spesial.. treatmentnya..sesuaikan dg kondisi ade kita. misal ade suka baca, beliin cerpen2 islami..lihat contentnya harus ada yang sesuai target. ade’ suka nonton, ajak nonton film bagus.. yang nyambung tapii.. dan tentunya kita selalu ada saat dia pengin curhat.
d) buat program catatan progres/kemajuan mereka.. tiap mudik.. klo anak rumahan mungkin bisa dibikin diary, atau pekanan. teruus.. yang masih kurang apa, capaian treatmentnya seperti apa, analisis ulang dan buat targetan selanjutnya..
e) targetan untuk masyarakat sekitar atau keluarga besar juga perlu dimasukin.
intinya bangun komunikasi yang baik dengan keluarga, berikan keteladanan, dan citrakan kita keren loo…
semoga ga bikin tambah bingung. Selamat berjihad.. jadikan keluarga kita keluarga yang keren, bagus lagi kalo bisa jadi muharik (penggerak) dakwah di masyarakat.. subhanallah..
Seru kaan… kalo kita kelak ngumpul bareng di syurga Allah ta’ala…

No comments:

Post a Comment