Pages

Ahlan wa Sahlan

Bismillah..
ku mencoba berbagi sedikit ilmu
Semoga bermanfaat...
terima kasih atas kunjungannya

Search This Blog

Tuesday, April 20, 2010

Tarbiyatul Aulaad

Seorang ibu 3 kali lebih layak diutamakan daripada ayah untuk dihormati anaknya karena Ibu punya 3 peran yaitu Ibu kandung, ibu susu, dan ibu guru. Peran Ibu sebagai ibu guru atau pendidik inilah yang paling utama, karena dimulainya pun sejak anak dalam kandungan.
Ibu yang baik adalah yang bisa mengantarkan kesuksesan untuk anak-anaknya. Kesuksesan yang nyata adalah cita-cita yang panjang dengan titik akhir di Negeri Abadi. Hidup ini hanya kesenangan yang menipu, begitu banyak fitnah di dalamnya, maka kita harus mengingatkan anak kita agar tidak mudah tertipu dengan tolok ukur yang semu. Kita harus memancangkan cita-cita anak-anak kita di Negeri Abadi, kita harus mengajarkan mereka tentang cita-cita ini juga mengajarkan tentang mengendalikan hawa nafsu.
Hal yang sangat perlu diperhatikan dalam mendidik anak adalah memahami anak-anak. Kita tentunya tidak hanya akan punya satu anak, karena Rasulullah SAW bangga dengan kaumnya yang banyak..juga dunia ini membutuhkan generasi yang sholih..dan itu berasal dari rahim kita para muslimah. Anak-anak kita walaupun berasal dari rahim yang sama, karakter mereka akan berbeda satu sama lain. Sehingga kita harus mengamati sifat khasnya masing-masing. Anak-anak juga akan menjalani proses atau tahapan perkembangan. Seorang Ibu harus memahami di tahap apa saat ini si anak berada. Sangat baik sekali jika kita punya catatan khusus untuk tiap anak-anak kita. Sehingga kita punya data yang lengkap tentang tumbuh kembangnya. Kita harus mengetahui kapan masanya anak-anak masih perlu bermain, kapan harus mulai menanamkan kedisiplinan, dan kapan kita harus memposisikan mereka sebagai mitra kita. Semuanya mempunyai karakteristik pendekatan yang berbeda sesuai dengan perkembangan kepribadian anak yang sehat. Begitulah kita coba memperlakukan mereka sesuai dengan sifat-sifatnya dan tahapan hidupnya.
Hal memilih metode pendidikan juga penting untuk dikuasai. Metode Pendidikan dalam Islam ada lima yaitu melalui Keteladanan, Pembiasaan, Pemberian Nasehat, melaksanakan Mekanisme Kontrol dan terakhir yang juga merupakan pengaman hasil pendidikan adalah melalui Sistem sangsi. Dari kelima metode tersebut, sudah pasti keteladanan adalah metode yang paling efektif. Oleh karena itu, bagi calon orangtua sangat disarankan telah memiliki kebiasaan hidup yang baik karena itulah yang akan terlihat dalam keseharian bersama anaknya dan akan ditiru.
Setelah Metode, berikutnya adalah muatan pendidikan itu sendiri. Hal-hal yang perlu kita ajarkan kepada anak-anak kita adalah : (1) Pendidikan Keimanan (2) Pendidikan Akhlaq (3) Pendidikan Fikroh/ Pemikiran atau intelektual (4) Pendidikan Fisik (5) Pendidikan Sosial (6) Pendidikan Kejiwaan/Kejenisan (sexual education) dan (7) Pendidikan Kepribadian. Hendaknya semua kita pelajari dan ajarkan kepada mereka.
Setelah semuanya kita lakukan, kita harus sudah punya target pribadi seperti apakah yang kita harapkan akan muncul pada diri anak-anak kita. Kita harus bisa membaca potensi apa yang dimiliki anak-anak kita. Kita juga harus membina di sisi mana anak kita masih kurang baiknya. Tentunya kita menginginkan anak-anak kita memiliki 10 karakter muslim sejati yaitu Selamat aqidahnya, Benar ibadahnya, Kokoh akhlaqnya, Mempunyai kemampuan untuk mempunyai penghasilan, Jernih pemahamannya, Kuat jasmaninya, Dapat melawan hawa nafsunya sendiri, Teratur urusan-urusannya, Dapat menjaga waktu, Berguna bagi orang lain. Karena anak-anak yang demikianlah yang dinanti oleh Islam dan juga yang dapat menjadi investasi akhirat bagi kita.
Insya Allah, Allah Ta’ala akan mengganjar kita dengan pahala terbaik, sesuai jerih payah kita dalam mendidik anak-anak kita. Tentunya juga kita ingin kelak dikumpulkan bersama suami dan anak-anak kita di surgaNya..

No comments:

Post a Comment